Download Freewww.bigtheme.net/joomla Joomla Templates Responsive

Profil HTN

80x80

Dinamika reformasi menuntut kehidupan politik yang demokratis dan penegakkan supremasi hukum. Untuk itu perlu dilakukan pengkajian yang lebih intens dan lebih konprehensif dengan cara ilmiah dan akademis, dengan upaya itu dapat disiapkan tenaga ahli di bidang politik dan hukum ketatanegaraan Islam. Dengan spesialisasi pendalaman di bidang tersebut dimaksudkan pula agar ilmu-ilmu politik Islam lebih dipacu dalam rangka mengejar kemajuan perkembangan ilmu politik sekuler. Sehingga diharapkan para sarjana muda dapat menguasai permasalahan yang berkaitan dengan politik Islam yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan Islam dan Negara Indonesia. Harapan ini juga khusus pada Provinsi Aceh yang dulunya dinamai dengan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang berbasis Islam dalam setiap aspek kehidupan masyarakat dan pemerintahan. Sehingga diharapkan akan melahirkan generasi-generasi yang mahir dalam politik dan dapat membuat qanun- qanun baru yang yang dapatdiaplikasikan didalam pemerintahan Aceh yang berpegang kepada Alquran dan Hadis. Selain itu, Hukum Tata Negara (HTN) juga merupakan Prodi yang telah ditetapkan oleh pemerintah khususnya di lingkungan Fakultas syariah.

Untuk menyahuti kebutuhan itu, Fakultas Syariah IAIN Cot Kala Langsa pada  tahun 2014 membuka jurusan baru dengan nama Jurusan Hukum Tata Negara dengan dasar Surat Keputusan Rektor IAIN Cot Kala Langsa No. 1470 Tahun 2014 yang ditandatangi oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam. Jurusan/Program Studi Studi Hukum Tata Negara (Siyasah). Untuk saat ini jurusan HTN diketuai oleh Bapak Abd. Manaf, M.Ag selaku Ketua Jurusan, dan Bapak Syawaluddin Ismail, Lc, MA sebagai sekretaris Jurusan.

Selanjutnya para dosen pendukung atau staf pengajar pada jurusan HTN berjumlah 11 orang dosen yang hampir seluruhnya (9 orang) bersertifikat pendidik profesional, terdiri dari 1 orang dosen bergelar Profesor Doktor, 9 orang dosen bergelar magister (empat orang sedang menyelesaikan studi S3) lulusan dalam dan luar negeri, dan 1 orang bergelar Sarjana Hukum (sedang menyelesaikan S2), selebihnya didukung pula oleh para dosen lintas Program Studi yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang berasal dari  lulusan dalam dan luar negeri.

Kurikulum Prodi

2015 Powered By RUDI ISWADI | IAIN LANGSA