Download Freewww.bigtheme.net/joomla Joomla Templates Responsive

Sejarah

LOGO HP

Fakultas Syariah merupakan salah satu Fakultas di lingkungan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang bertugas melakukan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam rumpun ilmu-ilmu syariah (Hukum Islam) serta alumninya akan diberi gelar Sarjana Hukum Islam (SHI). Pendidikan Hukum Islam yang dikembangkan di fakultas Syariah adalah dengan memadukan kajian fikih, perundang-undangan, dan praktik. Kehadiran Fakultas Syariah bagi generasi masa depan, diarahkan untuk memenuhi minimal tiga hal, yakni; untuk menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap NKRI, untuk menyahuti kebutuhan tentang ilmu pengetahuan yang cukup dalam menjalankan syariat Allah swt, serta untuk menyahuti kebutuhan terhadap akses mencari pekerjaan untuk kesejahteraan dan kemakmuran.

Untuk memenuhi maksud yang pertama, di Fakultas Syariah, mahasiswa akan dibekali pemahaman tentang Pancasila, Kewiraan, Pendidikan Anti Korupsi, Fikih Lingkungan dan sebagainya. Dalam rangka mewujudkan maksud kedua, akan diajarkan dasar-dasar agama seperti; ilmu Tauhid, Adab Rasul, Fikih, Usul Fikih, Kaedah Fikih, Ulumul Quran, Ulumul Hadis dan sebagainya. Sedangkan untuk mewujudkan maksud ketiga, mahasiswa akan dibekali dengan teori-teori dan pratik yang terkait dengan keahlian professional sesuai dengan program studinya masing-masing.

Ada empat program studi yang sedang dikembangkan di Fakultas Syariah, yaitu; Muamalat (Hukum Ekonomi Islam), Ahwal Asy-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga), Hukum Tata Negara (Siyasah), dan Hukum Pidana Islam (Jinayah). Dan selanjutnya yang sedang direncanakan untuk dikembangkan adalah Prodi Astronomi Islam (Falakiyah), Hukum Bisnis Syariah, Hukum Zakat dan pendidikan jenjang Magister (S2) untuk prodi Hukum Islam.

2015 Powered By RUDI ISWADI | IAIN LANGSA