Jum’at, 23 Juli 2021, Institut Agama Islam Negeri IAIN Langsa Mengirimkan 8 (delapan) Peserta KKN Melayu Serumpun PTKIN se-Sumatera yang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. 3 (tiga) Mahasiswa Fakultas Syariah Menjadi Peserta KKN Melayu Serumpun PTKIN se-Sumatera Utusan IAIN Langsa yakni Muhammad Rifqi Seldy (HES), Abdul Halim (HES) dan Nuran Nabila Anwar (HKI).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Langsa Dr. Sulaiman Ismail, M. Ag mengatakan, KPM yang mengusung tema “Moderasi beragama dan kearifan lokal Melayu serumpun” ini akan berlangsung selama 35 hari di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Sulaiman Ismail meminta agar para mahasiswa serius untuk mengikuti kegiatan tersebut, mengingat KPM Melayau serumpun ini merupakan kegiatan yang perdana dilakukan.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, KPM kolaborasi melayu serumpun ini merupakan salah satu implementasi dari program kampus merdeka dan merdeka belajar. Lewat program tersebut banyak kegiatan yang dilaksanakan antar perguruan tinggi, antar lembaga antar institusi sesuai dengan pengembangan profesional keilmuan yang dimiliki.

Rektor menjelaskan, dalam melaksanakan KPM serumpun banyak hal yang dapat diambil pelajaran, disamping perjalanan yang jauh dijadikan sebagai sebuah proses pembelajaran, mahasiswa juga dapat memahami kultur kehidupan masyarakat Melayu.

Rektor yakin dan percaya para mahasiswa telah siap dengan berbagai dinamika dan kebiasaan yang dimiliki akan bercampur menjadi salah satu kekuatan, baik serumpun di tingkat Sumatera, di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami yakin bahwa adik-adik termasuk generasi yang lebih siap dimasa yang akan datang,”imbuh Rektor. “Semoga dengan semangat yang kuat, tata cara yang baik, tradisi yang baik, tidak melanggar aturan, menjunjung tinggi karakter dan dedikasi yang baik semoga adik-adik kami akan sukses nantinya,”tambahnya ya lagi.(Syahrial)

Copyright Themes © 2023