Kota Langsa (Fasya) – 3 (Tiga) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa adakan Smart Law and Creative (SLC) Tahun 2022 Debat Hukum se-Provinsi Aceh Tingkat SLTA / Sederajat. Adapun kegiatan SLC ini berlangsung di Aula Fakultas setempat, Rabu (14/12/2022).


3 Ormawa-Faysa yg mengadakan SLC 2022 ini adalah HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES), HMJ Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Komunitas Pradilan Semu (KPS) Faysa. Adapun tema dalam SLC ini adalah “Peran Pemuda dalam Membumikan Nilai-nilai Kreatif dalam Bingkai Hukum”.


Dalam kegiatan SLC ini menghadirkan 6 (enam) sekolah yaitu SMAN 1 Langsa, SMAN 3 Langsa, SMKN 3 Langsa, MAN 2 Langsa, SMA Unggul CND Langsa, dan SMAN 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang.


Dalam sambutannya Dekan Fasya yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Faysa Bapak Dr. Muhklis Rais, Lc., M.Pd.I mengatakan “Lomba Debat Hukum Se-Provinsi Aceh Tingkat SLTA/Sederajat ini diharapkan dapat melahirkan kader yang handal di bidang Hukum Konvensional. Selain itu, lomba debat ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta dalam berkompetisi di bidang akademik maupun non-akademik.”

“Dan, yang paling penting kita semua berharap melalui ajang Lomba Debat Hukum yang digelar oleh 3 Ormawa Fasya ini dapat mengasah mentalitas dan integritas seluruh siswa-siswi SLTA atau sederajat se-Provinsi Aceh. Di mana mental seseorang saat meyampakan ide, gagasan dan adu argumen ketika berdebat perlu dilandasi dengan bukti-bukti ilmiah yang kuat untuk meyakinkan diri sendiri dan juri.”