Rabu, 17 Juni 2021, Dekan Fakultas Syariah IAIN Langsa Dr. Zulfikar, MA mengundang seluruh pejabat Fakultas Syariah untuk mengadakan rapat evaluasi mutu akademik di Fakultas Syariah semester genap tahun akademik 2020/ 2021. Salah satu tujuan Rapat ini adalah dalam rangka evaluasi jumlah pendaftar mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PKIN dan UM-PTKIN yang masih dibawah maksimal. Oleh karena itu perbaikan mutu akademik sangat diharapkan dalam rangka menyambut penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang lebih maksimal. Adapun langkah-langkah yang harus di tempuh di Fakultas Syariah IAIN Langsa berdasarkan hasil keputasan rapat, diantaranya : Sosialisasi, promosi, peningkatkan pelayanan, perbaikan informasi data melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) dan Sistem informasi akademik (SIAKAD). Disamping itu Dekan Fakultas Syariah mengingatkan kepada seluruh Pejabat dan staf pada Fakultas Syariah untuk terus meningkatkan kinerjanya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Berdasarkan SK Rektor IAIN Langsa, Nomor 150 Tahun 2021, tanggal 28 Mei 2021, ada 146 orang mahasiswa Fakultas Syariah yang Drop Out (DO). Mereka rata-rata mahasiswa angkatan tahun 2013/2014 (diatas 15 semester) yang tidak kuliah lagi dengan berbagai alasan, diantaranya sudah berkeluarga dan tersandung ekonomi lemah (tidak ada beasiswa). Kepada bidang Akademik, Dekan Fakultas Syariah mengharapkan biasa mendata background mahasiswa (asal sekolah, daerah, jenis kelamin dan jurusan sewaktu di SMU/Aliyah). Kepada Ketua Program Studi yang masa akreditasisnya hampir berakhir, supaya segera mempersiapkan dokumen perpanjangan akreditasi, karena nilai akreditasi merupakan jantungnya sebuah program studi. Disamping itu juga harus selalu memperhatikan kelender akademik, agar semua kegiatan yang telah di rencanakan dalam rapat kerja dapat terselesaikan dengan baik dan tidak tumpeng tindih.

Dalam penutupan rapat tersebut Dr. Zulfikar, MA (Dekan Fasya) mengajak seluruh civitas akadeka untuk selalu meningkatan performance dalam memberikan layanan kepada mahasiswa, terus menjaga tradisi spiritual-akademik  yang sudah terbangun sejak lama, agar proses pembelajaran di Fakultas Syariah IAIN Langsa tidak saja mampu mencerdaskan tetapi juga mencerahkan secara spiritual.