Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 lewat jalur Seleksi Prrestasi Akademik Nasional (SPAN) dan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di IAIN Langsa telah berjalan lancar, hanya menunggu pengumuman kelulusan bagi ujian UM-PTKIN tanggal 16 Juni 2021, secara Nasional. Kepada masyarakat yang ingin kuliah tapi belum terdaftar, Dekan Fakultas Syariah IAIN Langsa mengajak untuk mendaftar di Fakultas Syariah IAIN Langsa lewat jalur mandiri yang yang telah dibuka pada tanggal 16 Juni sampai dengan 21 Juli 2021. Sedangkan tes atau ujian masuk pada tanggal 26-27 Juli 2021 dan diumumkan kelulusan pada tanggal 9 Agustus 2021 (info : www.pmb.iainlangsa.ac.id )

Dr. Zulfikar, MA sebagai Dekan Fakultas Syariah IAIN Langsa, menyampaikan : ada beberapa keunggulan kuliah di Fakultas Syariah, diantaranya : Konsep pendidikan yang rahmatan lil ‘alamin, adanya mata kuliah Fiqh lingkungan (Fiqh Bi’ah), adanya mata kuliah ilmu tauhid dan adab rasul, Pemasyarakatan Bahasa internasional, memiliki dosen lulusan dari perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri (Mesir, Tunisia, India dan lain-lain), memiliki dosen S-3 Al-Azhar (Mesir) dengan predikat kelulusan summa cumlaude, memiliki laboratorium Mediasi, Fatwa, Alqur’an, Legal drafting dan ilmu falak dengan peralatan yang lengkap. Disamping itu tambahnya Fakultas Syariah juga di dukung oleh 6 (enam) Pusat studi yaitu : Pusat Studi Al-Qur’an dan Tahfidz, Kitab Kuning, Ilmu Politik dan Pemerintahan, Lembaga Keuangan Syariah, Hukum dan Legal Drafting, Peradilan Semu, dan Ilmu Falak.

Dr. H. Yaser Amri, MA selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Syariah IAIN Langsa, gelar yang akan disandang oleh lulusan Fakultas Syariah adalah Sarjana Hukum (S.H), dengan profil lulusan sebagai praktisi hukum Islam (Hakim, Advokasi, Mediator, panitera, juru sita, penghulu/ administrasi KUA, legal drafter, para legal, jaksa dan lain-lain), sharia legal & contract drafter, peneliti, pengawas lembaga keuangan syariah dan lain-lain. Lulusan tersebut dibawah naungan prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) akreditasi B, Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsyiyah) akreditasi B, Hukum Tata Negara (Siyasah) akreditasi B, Hukum Pidana Islam (Jinayah) akreditasi B, (Info–Web : www.syariah.iainlangsa.ac.id ). Disamping itu juga kita harapkan kepercaaan masyarakat terhadap eksistensi Fakultas Syariah IAIN Langsa dalam mendukung Proses peningkatan status IAIN Langsa menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Zawiyah Cot Kala Langsa.