Tim Futsal Fakultas Syariah IAIN Langsa (FASYA FC) sukses raih juara pertama di kompetisi futsal Satpam Cup I yang diselenggarakan oleh Satuan Pengamanan (SATPAM) IAIN Langsa, pada akhir Desember (25/12/2021), dalam rangka memperingati HUT SATPAM ke-41 Tahun 2021. Futsal Satpam Cup I yang diikuti oleh Dosen dan Staff di IAIN Langsa dengan total 9 tim. FASYA FC mengirim dua tim untuk bertanding di Futsal Satpam Cup I yang digelar di Segar Futsal Langsa. Kendati demikian, kapten FASYA FC mengaku bahwa kedua tim ini saling mendukung. “Kita saling dukung-mendukung”, ujar Pak Syawaluddin.

System undian atau biasa disebut tarik lot menghasilkan undian FASYA FC (A) bertemu dengan BIRO FC, dan FASYA FC (B) bertemu dengan FUAD FC. Hasil pertandingan pertama Tim FASYA FC (A) berhasil menang dengan skor akhir 10 – 2 melawan Tim BIRO. Namun Tim FASYA FC (B) kalah dengan skor akhir 3 – 1 dari TIM FUAD FC. “Perjuangan kami untuk lolos dalam grup sangatlah berat. Waktu bertemu dengan FUAD FC kami bisa menahan dengan skor 1-1 di babak pertama. Hal ini disebabkan faktor kelelahan karena kami harus bermain dengan 6 pemain,” ujar Akmal salah satu pemain Tim FASYA.

Di Semi final, tim FASYA A meraih kemenangan bertemu tim FTIK FC dengan skor seri 6-0, dan tim FASYA FC (A)  melaju ke putaran final. Setelah lolos ke putaran final Tim ini menghadapi tim kuat lainnya yakni FUAD FC. Namun dalam final ini diraih dengan kerja keras dan semangat tinggi bagi tim FASYA FC, mereka menang tipis dengan skor 2-1 dan berhak meraih gelar juara pertama.

FASYA FC menjadi tim yang kuat karena mereka memiliki pertahanan yang kuat. Terbukti mereka baru kebobolan 3 gol dalam turnamen ini. Angka tersebut membuat mereka menjadi tim yang paling sedikit kebobolan. Selain itu, tim Fasya Fc juga menjadi tim paling subur. Sejak laga pertama, tim sudah mencetak banyak gol dengan BIRO FC menjadi korban perdana berkat gol-gol dari pak Syawal. Rasidin, dan Yogi.

Tak heran, salah satu pemain FASYA FC dinobatkan sebagai Peraih Gelar Top Skor yaitu Tgk Rasidin, MHI, dengan 8 gol. Rasidin menjadi pemain yang selalu diwaspadai keberadaannya di lini depan oleh para pemain yang menjadi lawannya di lapangan. Pemain berposisi sebagai pivot ini selalu menjadi momok yang sangat menakutkan. Tajam di depan gawang, memilki insting gol yang tinggi, dan ulet, itulah kualitas yang dimiliki pak Rasidin.

Kemenangan yang diraih tim futsal FASYA FC ini disyukuri oleh Bapak Dekan Fakultas Syariah Dr. Zulfikar, MA. “Alhamdulillah ini menjadi Kado akhir tahun buat Fasya dari ; tim futsal the best, tiga alumni’ lulus CPNS , Mahasiswa jadi presiden Mahasiswa HPI se-Indonesia, mahasiswa jadi ketua DPW ASHESI, artikel dosen dipublish di jurnal Sinta 2 dan Scopus dll. Tmks utk semuanya yg telah  memberikan kado tsb bagi Fakultas, Smg Allah SWT memberikan balasan berlipat ganda”