Langsa (Fasya) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Langsa menggelar Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Rangkaian kegiatan digelar di Aula Setda Kota Langsa, Kamis, (17/11/22).

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dan juga Ketua PD Ikatan Dai Indonesia Kota Langsa Dr. H. Mukhlis Rais, Lc., M.Pd.I. merupakan salah satu pemateri dari empat pemateri yang fokus menyampaikan tentang “Cara Islam Menyikapi Polemik KDRT”.

“Betapa Islam sangat menjunjung kehormatan dan kemuliaan kaum wanita, karena kerap kali kasus KDRT banyak yang menjadi korban adalah kaum wanita (para istri).”

“Sehingga dengan tegas Allah SWT memberikan aturan dan rambu-rambu di dalam Al-Qur’an yang harus dijalankan dan dalam banyak hadits tentang perhatian Rasulullah SAW seputar kehidupan rumah tangga, agar tercapai kehidupan yang sakinah, mawaddah, dan rahmah,” demikian tutur Wadek III Fasya IAIN Langsa di sela-sela penyampaian materi dan dalam sesi tanya jawab bersama peserta.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini merupakan tema yang sangat marak terjadi akhir-akhir ini. Termasuk yang menjadi perbincangan netizen mengundang pro-kontra atas kejadian yang heboh belakangan ini.

Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah dari unsur pakar dan praktisi hukum, psikolog, akademisi, dan da’i. Adapun peserta yang diundang dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari: Organisasi Wanita se-Kota Langsa, Para Pendamping Korban Kekerasan, LSM Peduli Perempuan dan Anak, Pekerja Sosial dari Dinas Sosial, Dinas Kominfo.