Kota Langsa (FASYA)- Dekan Fakultas Syariah IAIN Langsa Dr. Yaser Amri, MA. CPM. CPArb menghadiri sidang terbuka penandatanganan pakta integritas, pengambilan sumpah/ janji dan pelantikan profesi mediator/ konsiliator/ arbiter di wilayah hukum provinsi Aceh.
Kegiatan ini berlokasi di Aula Auditorium IAIN Langsa ini di gelar oleh Dewan Sengketa Indonesia (DSI) dan bekerjasama dengan Fakultas Syariah IAIN Langsa, Senin (08/01/2024).

Fakultas Syariah IAIN Langsa telah melakukan kerjasama dengan Dewan Sengketa Indonesia pada tahun 2023, dan telah ikut serta dalam penyelengaraan pelatihan mediasi batch 84 serta pelatihan arbitrase batch 23, dengan peserta yakni dosen, mahasiswa dan alumni.
Dekan Fakultas Syariah menyampaikan pelatihan mediator dan arbiter yang telah di selenggarakan bertujuan meningkatkan keahlian dosen , mahasiswa dan alumni untuk menjadi mediator dan arbiter yang kompeten serta mampu menyelesaikan perkara yang ditangani dengan tepat.

Berdasarkan Surat Keputusan, DSI melantik dan mengambil sumpah mediator sebanyak 67 peserta, arbiter sebanyak 18 peserta dan konsiliator sebanyak 1 peserta. Adapun domisili peserta berasal dari Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Banda Aceh, Pidie, Bireun, Medan, Pematang Siantar, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Mandailing Natal, Padang.
Kegiatan ini turut di hadiri oleh PJ. Walikota Langsa, Kejaksaan Negeri Langsa, Pengadilan Negeri Langsa, Mahkamah Syar’iyah Kuala Simpang, polres Langsa, polres Aceh Timur, KIP Aceh, Pengurus DSI Kota Langsa, Rektor IAIN Langsa, Rektor Universitas Sain Cut Nyak Dhien Langsa. Dan di hadirkan Rohaniawan dari agama Islam, kristen dan Budha.