Kota Langsa (FASYA)- Prodi Hukum Pidana Islam (HPI) IAIN Langsa adakan diskusi hukum “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN PELECEHAN SEKSUAL” bertempat di ruang rapat Dosen Fakultas Syariah, Pemateri Dr. H. Muhammad Nasir, MA, CPM, Senin, (27/11/2023)

Acara berlangsung yang dihadiri unsur Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah, diantaranya Kaprodi HPI Aminah, MH, CPM dan Nur Anshari, MH, dan unsur lembaga Assembly of Students Islamic Criminal Law IAIN Langsa. Dalam diskusi Muhammad Nasir memaparkan serta mensosialisasikan hal perlindungan berbasis regulasi UU No.12 Tentang Tindak Pidana Pelecehan Seksual. terungkap bahwa perlindungan yang urghen sekarang ini berkaitan dengan perlindungan terhadap anak dan perempuan terutama lokus korban.

Dalam diskusi ini terungkap bahwa Perlindungan adalah segala upaya pemenuhan hak dan pemberian bantuan untuk memberikan rasa aman kepada Saksi dan/ atau Korban yang wajib dilaksanakan oleh LPSK atau lembaga lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Dalam sesi pertanyaan pada acara ini sangat dinamis diantaranya adalah bagaimana status korban pelecehan seksual dengan dalih ancaman dan janji ( tidak ditepati) dan mengenai berita yang sedang viral yaitu status pengungsi regional Asia yang terindikasi melakukan pelecehan seksual dari kalangan masyarakat dan bahkan pendamping, demikian ditanyakan peserta diskusi kepada pemateri Muhammad Nasir.

Diskusi ini merupakan upaya mentradisikan budaya akademik di lingkungan lembaga pendidikan tinggi di Fakultas Syariah sehingga diupayakan akan keberlanjutannya dalam narasi narasi literasi menghasilkan argumentasi yang valid. (Cc. Prodi)